20
Mar
10

Tipe Kepribadian Anak

Kepribadian adalah “given” sehingga kita tak bisa mengubahnya, hanya dengan menerima dan mengasihinya kita bisa membantunya untuk tumbuh dan berkembang…

Dewasa ini, teori empat kepribadian dasar manusia mulai banyak diperkenalkan para psikologi modern, salah satunya oleh Florence Littauer dalam bukunya Personality Plus.

Sanguinis: Anak Populer

Anak yang berkepribadian Sanguinis memiliki ciri khas suka berbicara, mudah bergaul, ramah, supel, suka bersenang-senang. Mereka haus akan dukungan dan kasih sayang orang lain sehingga cenderung suka mencari perhatian. Mereka adalah orang yang ‘dramatis’ atau suka melebih-lebihkan agar orang lain terhibur. Suka memotivasi orang lain dan memiliki inisiatif yang besar .

Ciri – ciri anak Sanguinis

• Suka berceloteh ,Supel ,Ceria , suka terlibat dalam percakapan, Suka menjadi pusat perhatian dan cenderung populer , Cenderung tidak rapi, emosional—dalam arti mudah tersinggung, tidak tepat waktu, pelupa, tidak akurat, cepat bosan

Cara mengatasi kelemahan anak Sanguinis:

• Apresiasilah mereka. Mereka akan sangat gembira jika didengarkan dan dilihat.

• Anak Sanguinis terkenal suka berbicara tanpa berpikir, maka Anda perlu mengajari mereka hati-hati dalam berbicara.

• Buat mereka memahami bahwa kebohongan tetaplah kebohongan, betapapun meriah dan menariknya. Berikan pemahaman kepada mereka agar tidak memberi bumbu-bumbu pada cerita mereka hanya untuk didengar orang lain, atau untuk membuat orang bersimpati agar mereka dapat keluar dari masalah.

• Karena mereka cenderung populer, mereka suka berada di luar rumah. Anda harus membatasi kegiatan bersosialisasi mereka, namun jangan sampai melarang semua kegiatan mereka.

• Anak-anak sanguinis ingin mendapatkan sebanyak mungkin dukungan, kasih sayang, dan cinta dari Anda. Mereka menyukai pelukan, rangkulan, kecupan, dan bergandengan tangan.

• Untuk membangun rasa percaya diri, sering-seringlah memberi pujian padanya

• Karena mereka tidak rapi dan tidak teratur, buatlah jadwal yang nampak menyenangkan bersama-sama mereka. Minta mereka menghiasi jadwal itu dan bantu mereka menepatinya.

• Dampingi saat mengerjakan PR atau belajar.

KOLERIS : Bos kecil

Menurut Florence Littauer pada bukunya Personality Plus, orang berkepribadian kuat adalah mereka yang secara alami berorientasi pada sasaran, prestasi, dan cepat mengorganisasikan.

Ciri – ciri Koleris

• Bossy dan suka mengatur ,Tidak suka berkompromi, Menuntut loyalitas dan penghargaan ,Cepat mengambil keputusan dan tegas dalam bertindak ,Bisa dipercaya dan mereka punya sifat alami untuk memperbaiki apa yang salah, menurut standar mereka ,Mereka senang menerima tugas-tugas sulit. Disiplin diri serta kemampuan untuk fokus membuat mereka sering meraih kesuksesan

Kelemahan dari kepribadian Koleris yang kuat ini adalah mereka cenderung menjadi keras kepala, dan tidak peka pada perasaan orang lain. Mereka juga cenderung pemarah jika keinginannya tidak dipenuhi. Marah adalah cara mereka mengendalikan orang lain

Cara mengendalikan anak tipe Koleris

• Bangun rasa percaya diri mereka dengan penghargaan/pujian

• Sibukkan mereka. Berikan pekerjaan yang bisa mereka selesaikan, karena jika mereka tahu mereka tak mampu menyelesaikannya dengan baik, mereka takkan mau repot-repot menyentuhnya.

• Anak berkepribadian Koleris sangat tegas. Mereka memandang kehidupan dalam hitam dan putih. Maka itu, sentuh logika dan akal sehat mereka untuk menjelaskan hal-hal buruk yang mereka lakukan.

• Anak-anak Koleris senang memimpin dan jago dalam hal itu. Maka itu berikan ia kendali akan satu atau dua hal di rumah. Misalnya membiarkannya memilih permainan yang akan dimainkan, memimpin doa bersama sebelum makan, atau bertanggung jawab atas makanan hewan peliharaan Anda.

• Semua orang tidak menyukai hukuman, tapi tak ada yang paling membencinya selain anak Koleris. Hukuman menurut mereka adalah kebalikan dari prestasi. Bicaralah dari hati ke hati sebelum menghukumnya, agar ia paham kesalahan apa yang ia buat.

• Percaya diri berlebihan yang dimiliki anak Koleris memang menjadi nilai plus untuk mereka. Meski begitu, kepercayaan diri yang berlebihan bisa menjadi kesombongan, sehingga Anda harus bisa membatasinya

Melankolis : sinetron banget..

Kepribadian Melankolis cukup mudah diidentifikasi karena mereka biasanya pendiam dan pemikir. Menurut Florence Littauer pada bukunya Personality Plus, ketika orang berkepribadian Sanguinis ‘berbicara’ dan orang berkepribadian Koleris ‘bekerja’, orang melankolis akan senantiasa ‘berpikir’.

Ciri – ciri Melankolis

• Perfeksionis, teratur dan sangat detil misalnya dalam hal mengatur mainannya sampai rapi, teliti dalam menganalisa permasalahan, Perasaannya sensitif mudah terharu dan sangat peka terhadap keadaaan di sekelilingnya, penuh perhitungan. Mereka tidak suka dipaksa mengambil keputusan cepat, karena mereka ingin diberi waktu untuk berpikir dan mempertimbangkan segala hal dengan cermat. Mereka juga hati-hati dalam berbicara dan bertindak ,umumnya memiliki talenta di bidang musik, seni, tulis-menulis, drama, dan sebagainya, karena mereka sangat serius dalam menekuninya

Sifat negatif dari anak berkepribadian Melankolis adalah dirinya yang menuntut kesempurnaan berlebihan. Pada dasarnya tidak ada seorang pun yang sempurna, karena itu orientasi mereka pada kesempurnaan dalam segala hal sering mengakibatkan diri mereka kecewa dan bahkan depresi. Sifat mereka yang teratur dan terorganisasi juga menyulitkan mereka untuk memahami ‘kekacauan’ yang terjadi di sekeliling mereka. Mereka bisa panik jika berada di lingkungan yang berantakan, tidak teratur, atau berisik. Yang lebih buruk, lingkungan yang tidak sesuai dengan standar mereka dapat membuat mereka pesimis, murung, dan stres.

Bagaimana agar memahaminya?

• Perfeksionisme yang berlebih dapat membuat mereka mudah depresi dan patah semangat. Karena itu, Anda sebagai orang tua harus membantu menurunkan standar mereka. Berikan pemahaman bahwa tak ada sesuatu yang sempurna, dan setiap orang bisa gagal, agar kekecewaannya dapat diminimalisir.

• Biarkan mereka sendiri. Jika Anda tinggal di rumah yang selalu ramai, Anda harus memastikan ia memiliki tempat khusus untuk dirinya, misalnya kamar atau sudut ruang tertentu yang khusus untuknya, di mana ia bisa melakukan segala kegiatannya tanpa diganggu.

• Jika Anda ingin menegur anak Melankolis, jangan sampai Anda melukai hatinya dengan olokan atau ejekan, karena bisa jadi ia akan percaya bahwa Anda tidak menyayanginya lagi.

• Anda yang memiliki anak Melankolis harus dengan penuh kelembutan hati menggali perasaan terdalam anak-anak itu untuk memancing keluar penderitaan mereka, agar Anda bisa membantunya menyelesaikan masalah mereka. Jika Anda tidak proaktif, jangan harap si anak akan memberitahukan masalahnya pada Anda.

• Jika Anda sebagai orang tua merupakan tipe orang yang tidak bisa rapi, sebisa mungkin usahakan agar Anda dapat memberikan ruangan sendiri untuk si Melankolis kecil di mana ia bisa merawatnya dengan standarnya yang tinggi. Sebenarnya sifat yang satu ini akan membuat hidup Anda lebih mudah karena Anda tak perlu lagi berteriak menyuruhnya membereskan kamarnya atau mengerjakan PR.

• Anak Melankolis sangat teratur dan menyukai jadwal. Ketika Anda merencanakan untuk mengajak mereka pergi, Anda harus siap jika si Kecil bertanya mengenai susunan acara tersebut, karena sangat penting baginya untuk mengetahui apa yang dapat ia kerjakan atau apa yang diharapkan orang lain dari dirinya selama periode itu.

• Bangun rasa percaya diri mereka dengan memahami hati mereka yang sensitif, keteraturan hidup mereka, dan perencanaan-perencanaan mereka. Jangan patahkan semangat mereka dengan ejekan atau olokan.

PLEGMATIS : gitu saja kok repot….

Menurut Florence Littauer pada bukunya Personality Plus, anak-anak semacam ini tidak mau repot-repot mempersoalkan hal-hal sepele.
Sifat-sifat anak Plegmatis adalah stabil secara emosional dan berorientasi pada ketentraman dan kedamaian. Alih-alih melawan jika ditekan, mereka lebih suka mengalah atau bermusyawarah. Mereka juga suka menolong orang lain dan cenderung gampang dirayu. Mereka juga suka menyenangkan orang lain, sehingga mereka dengan mudah akan menuruti permintaan karena tidak ingin menciptakan konflik. Anak-anak tipe ini biasanya manis dan mudah bergaul karena luar biasa sabar dan tidak pernah mengganggu.

Ciri – ciri anak berkepribadian Plegmatis

• memiliki sifat-sifat tenang, damai, dan tidak pernah membuat masalah. Anak Plegmatis biasanya menyenangkan setiap orang, terutama orang tua mereka, karena tidak suka ribut, sangat santai dan menyukai istirahat, dan sering ditemukan ketiduran di mana saja, lebih suka setuju saja atas pendapat dan keputusan orang lain, meskipun mereka sebenarnya punya pendapat sendiri, karena tidak ingin menimbulkan konflik jika memulai perdebatan, cenderung malas, tidak termotivasi, dan membenci tanggung jawab, mudah diabaikan, sehingga tanpa perhatian yang cukup, mereka bisa saja memiliki percaya diri yang rendah, gampang setuju pada keinginan orang lain

Bagaimana memaksimalkan si Plegmatis?

• Sebagai orang tua, Anda perlu menyemangati mereka agar mereka dapat menyelesaikan tugas-tugas mereka dengan baik.

• Meski mereka kebanyakan akan melakukan apapun yang Anda minta, namun mereka bukannya mencari kerja esktra, dan di bawah permukaannya sebenarnya mereka cukup keras kepala. Kalau sifat keras kepala ini tiba-tiba muncul, jangan malah menekannya karena apapun yang Anda lakukan takkan dapat merubah pendirian mereka. Berikan mereka istirahat sebentar, dan biarkan mereka menyelesaikan apa yang harus mereka selesaikan esok harinya.

• Sebagai orang tua, beri penghargaan kepada anak Anda yang plegmatis bahwa apapun yang mereka putuskan, hal itu dapat diterima dan dipahami apa adanya, sehingga mereka dapat lebih percaya diri dalam membuat keputusan. Jika mereka memilih jalan yang salah, jangan marahi atau ejek mereka, namun berikan pemahaman dengan tenang, sehingga lain kali mereka bisa belajar dari kesalahannya, bukannya malah ngambek.

• Anda harus memotivasi mereka untuk dapat senantiasa beraktivitas dan mencoba segala hal, karena kalau Anda biarkan saja, mereka akan duduk-duduk saja dengan tenang dan puas sepanjang hidupnya, sementara anak-anak lain di sekelilingnya melakukan pencapaian besar. Beri imbalan yang menyenangkan bagi apa yang mereka kerjakan, karena hal itu akan membuatnya senang dan merasa terdorong untuk melakukannya lagi.

• Akibat dari kesukaan mereka untuk menyenangkan orang lain, anak-anak Plegmatis biasanya jadi terlampau kompromistis dan mudah dirayu. Anda harus mendidik mereka untuk tidak mudah percaya pada orang lain dan gampang mengikuti perkataan orang lain atau teman-teman mereka. Mereka harus memahami dulu kebaikan dan keburukan dari ajakan orang lain. Singkatnya, ajari mereka untuk berkata tidak.

• Meskipun pendamai, cara anak-anak Plegmatis membuat orang lain jengkel adalah dengan menunda-nunda. Meskipun kebiasaan ini cukup menganggu, biasanya ini terjadi kalau si kecil Plegmatis sudah benar-benar kesal. Berdamaialah dengannya.

• Kebutuhan emosional anak-anak dengan tipe kepribadian ini tidak banyak, namun kalau Anda tidak memenuhinya ia akan merasa tidak tenteram, rendah diri, dan tidak pernah mencapai potensinya. Apalagi anak-anak seperti ini memiliki kecenderungan untuk ‘diabaikan’, dan hal ini terjadi salah satunya karena mereka memang tidak butuh banyak perhatian. Meski begitu, penghargaan dan pujian dapat membuat rasa percaya diri mereka meningkat. Mereka butuh dihargai seperti apa adanya, bukan karena seberapa banyak yang mereka perbuat.


1 Response to “Tipe Kepribadian Anak”


  1. 3 September 2011 pukul 12:33

    salam kenal ya..saya juga tertarik dengan postingan anda..berkunjung juga ke blog kita ya Berbagi Info: Tipe kepribadian anak ( Bagian 1 )


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: